4 Bahan Alami yang Bisa Berkhasiat Mengatasi Ketombe

aura.co.id | 26 Agustus 2019 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rambut berketombe seringkali membuat kulit kepala gatal, rambut jadi kotor dan sulit diatur.

Ketombe disebabkan oleh pengelupasan pada kulit kepala sehingga membuat berminyak dan terkadang rontok. Lantas, bagaimana cara merawat rambut agar terbebas dari ketombe?

Untuk mengetahui penyebab ketombe, coba perhatikan produk sampo yang Anda gunakan. Apabila masalah rambut belum kunjung berakhir dengan pemilihan sampo, coba gunakan beberapa bahan alami berikut ini.

Bahan-bahan alami tersebut dapat diolah menjadi masker rambut dan jika digunakan secara rutin, rambut sehat Anda pun akan kembali.

Dengan cara sederhana, Anda pun bisa lakukan sendiri di rumah.

Berikut 4 bahan alami yang dimaksud dan cara membuat olahannya seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Lemon

Peras jeruk lemon dan biarkan segera ke seluruh kulit kepala, kemudian biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, campurkan satu sendok makan perasan jeruk nipis dengan secangkir air dan bilas rambut agar tetap bersih dan segar.

2. Lidah Buaya

Oleskan gel lidah buaya di seluruh kulit kepala, lalu biarkan selama beberapa menit dan bilas dengan bersih dan ketombe di rambut akan segera pergi.

3. Kulit Wortel

Jangan buang kulit wortel Anda tetapi tumbuklah kulit wortel tersebut hingga membentuk pasta dan gunakan sebagai masker. Kulit wortel memiliki kandungan vitamin yang penting bagi kulit kepala dan bisa menjaga kelembaban kulit kepala sehingga cocok untuk mencegah ketombe.

4. Kulit Jeruk

Asam sitrat dan Vitamin C dalam kulit jeruk dapat berguna sebagai pembasmi ketombe. Caranya, buatlah pasta dari kulit jeruk tersebut dan beberapa perasan jeruk nipis. Biarkan selama 30 menit, dan bilas dengan sampo. Ulangi cara ini 2-3 kali dalam seminggu.

 

AURA.CO.ID

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait